Minggu, 13 Februari 2011

Perceraian???? Hiiii.....Takut........

Haiii Di.....

Miris banget deh kalo' udah ngedengerin temen atau selebritis yang mengalami perceraian. Pasti yg ada gue atau kebanyakan ceweq2 pada ngomong gini nih dalam hati: "amit-amit deh....moga2 gue gak ngalamin". Ya iyalah Di....siapa juga yang mau ngerasain yang namanya cerai??? Ngeri tauuu.....palagi pake' acara rebutan anak,wuuuiiihhh....gak kebayang deh sakitnya.
 rebutan anak...emang kue???

Kalo' menurut gue sih.....faktor dominan yg menyebabkannya adalah kurangnya kepuasaan lahir bathin dalam hubungan suami istri (jangan ngeres loh Di....ini gak sekedar urusan sex),kurangnya keimanan dan ketangguhan suami/istri dan kurangnya motivasi dan variasi dalam rumah tangga. Ke-3 faktor dominan ini bisa dijabarkan menjadi faktor2 yg lebih spesifik. (iihhhh....gue koq udah kayak mo' ujian skripsi aja ya?) ^_^

1.Coba loe pikirin deh.....siapa yg gak BeTe kalau tiap hari harus utang sana sini cuma karena jatah bulanan yang cupet? Atau kita gak pernah dilirik bahkan ditowel ama suami kita? (hihihihihi.....kayak apaan aja ya koq pake' ditowel2 segala?). Yang lebih sering kejadian nih....rumah hanya sebagai "terminal" doang. Berangkat kerja pagi banget...pulang kerja dah malem......sama-sama capek.....sampe' rumah tanpa ba-bi-bu langsung ngorok. Yah.....kapan ngobrolnya....kapan sayang-sayangannya......kapan ketawa-ketiwi bareng???? Kondisi yang sangat sepele tapi bisa jadi bom waktu yang siap meledak kapan aja.

Hiiii......kalah deh teroris kalo udah kayak gini.

Di....loe gak bosen kan ngedengerin ocehan gue?
2. Eh....ada lagi nih yang kadang luput dari perhatian suami/istri.....kurangnya mereka mendalami ilmu agama dan kurangnya membaca buku & artikel yang mengulas tentang seluk beluk perkawinan. Dari pantauan gue nih....ceweq2 jaman sekarang terutama yang karirnya bagus sering "berani" ngelawan suaminya. Misalnya: gak diijinin pergi ke suatu tempat atau kongkow2 bareng teman2.....mereka cenderung marah dan merasa ditindas.
Padahal Rasulullah SAW pernah menjawab pertanyaan seorang perempuan tentang hal itu,gini nih:

يَا رَسُول اللَّهِ مَا حَقُّ الزَّوْجِ عَلَى زَوْجَتِهِ ؟ فَقَال : حَقُّهُ عَلَيْهَا أَلاَّ تَخْرُجَ مِنْ بَيْتِهَا إِلاَّ بِإِذْنِهِ ، فَإِنْ فَعَلَتْ لَعَنَتْهَا مَلاَئِكَةُ السَّمَاءِ وَمَلاَئِكَةُ الرَّحْمَةِ وَمَلاَئِكَةُ الْعَذَابِ حَتَّى تَرْجِعَ

Artinya : "Wahai Rosulullah, apakah hak suami atas istrinya?" beliau menjawab : "Hak suami atas istri adalah tidaklah dia (istri) keluar rumah kecuali dengan izin dari suami, jika dia melakukannya (keluar tanpa izin) maka malaikat langit, malaikat rahmat dan malaikat adzab melaknatnya sampai dia pulang."

Tuh kan....ngeri banget....cuma gara-gara kita pergi seenaknya,kita bakal dilaknat sama malaikat-malaikat. Naudzubillahimindzalik....
Tapi para suami juga harus tau nih kalo' Rasulullah SAW juga pernah bersabda :

 “Orang yang paling sempurna keimanannya adalah orang yang paling baik akhlaknya, dan diantara kalian yang paling baik adalah orang yang paling baik akhlaknya kepada istrinya.” (HR. Tirmidzi, No. 1082).

“Bersikap baiklah kepada para istri! Karena wanita diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok, dan tulang rusuk yang bengkok adalah yang berada di atas. Jika engkau luruskan (dengan keras) maka dia akan patah, tetapi jika engkau biarkan maka dia akan selamanya bengkok.” (HR. Bukhori, No. 3084 & 4787).

Alangkah indahnya sebuah rumah tangga yang selalu dilandasi dengan iman dan Islam karena banyak ayat-ayat Al-Qur'an dan Hadist yang mengulas tentang Masalah Perkawinan. Tinggal gimana sang imam atau nakhoda mengarahkan istri dan anak-anaknya.
nah...enak kan dilihat kalo'kayak gini?

3. Terakhir nih Di.... yang musti kita sama-sama belajar menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.....perlunya motivasi dan variasi dalam rumah tangga. Menurut gue alangkah boringnya suatu rumah tangga tanpa motivasi dan variasi. Sang istri kerjaannya cuma seputar sumur,kasur,dapur......iiihhhh.....kalo' gue udah pasti bete abisss. Sedangkan sang suami nyari duit....duit dan duit.....pas giliran udah banyak duit,mulai deh ngelirik body yang lebih bohay,muka yg lebih licin.....OMG......kiamat deh.

>Kalo' menurut gue.....istri harus juga  punya kegiatan lain yang bisa buat menyalurkan hobby,bakat dan eksistensi diri. Misalnya: nge-blog kayak gue,ikut kegiatan sosial,kerja atau hanya sekedar kumpul temen2 lama. Suami juga perlu tuh melakukan hobby dan kesenangannya,beri dia ruang untuk bersosialisasi. Gak perlu deh kita para istri nempel terus kayak perangko. hehehehehehe....

>Sometimes perlu juga loh pergi berdua tanpa anak-anak dan melakukan hal-hal romantis. Panggillah dengan panggilan yang baik seperti "sayang","cantik","honey".....jangan manggil suami atau istri kayak gini..."endut","botak","peyot".... hahahahahaha.....bakal tambah "garing" deh tuh rumah tangga.

Pfuuuiiihhhh.....kayaknya bakal panjang banget nih postingan kalo' ngomongin masalah ini ampe' tuntas. Intinya gue cuma pengen ngingetin buat diri gue sendiri bahwa perceraian adalah kejadian karena suatu sebab dan akibat. Gak ada tuh...siapa yang salah....siapa yang bener. Yang penting gimana gue berbuat yang terbaik demi keluarga gue....suami gue....anak-anak gue....dilandasi ama iman dan Islam. Masalah gimana hasilnya....gue hanya berserah diri Pada-NYA. Wallahualambishawab......

Ehhhmmmm....by the way.....busway....anyway.....
Di......makasih  udah mo' dengerin gue hari ini.....PF (plend Forevah) ya?





2 komentar:

  1. Sorry hon, nggak ngomentari isi tulisan. Aku seneng ternyata hony jago nulis juga.. :D

    BalasHapus
  2. Satu lagi ABG yang ngeblog, eee jangan senyam senyum dulu ABG itu anggota bukan guru
    lagi males nulis aja panjangnya segini, apalagi kalau sudah mut-mutan
    selamat datang saja di dunia ariel eh dunia maya.
    seting komentar dipermudah dengan menambah faslitias URL bagi komentator dan gak usah pakai kode sandi segala, kaya mau masuk pentagon

    BalasHapus