Senin, 04 Juli 2011

JANGAN SEPELEKAN TEMPE

Haiiiiii...........lama tak posting....rindu rasonyo.......hehehehehehe.....
Tadi sempet ngebaca status temen di FB yang ngomongin kalo' dia lagi makan tempe,ehhh....jadi pengen nulis deh seputar tempe dan khasiatnya. Soalnya keinget sama anakku yang paling kecil,dulu dia bakal nangis kalo' aku masak menu tempe. Tapi sekarang.....tidak lagi......hehehehehehehe......
Si Tempe yang hebat

Tempe tuh hasil fermentasi dari kacang kedelai dengan jamur Rhizopus Oligosporus. Jadi nilai gizi yang dikandung 2x lebih tinggi dari kacang kedelai yang tidak difermentasi. Bayangin....dalam sepotong tempe mengandung karbohidrat,lemak,protein,serat,vitamin,enzim,daidzein,genisten,serta komponen anti bakteri yang bermanfaat untuk kesehatan. Padahal harganya murah banget trus gampang dicari lagi. Hebatnya lagi....tempe itu bisa dikonsumsi oleh semua usia dari bayi sampai yang lanjut usia.


Bentuk tempe dan cara mengkonsumsinya....

Tempe yang sering kita jumpai biasanya berbentuk gelondong atau kotak. Yang jenis ini biasa kita nikmati dalam sajian keripik,bacem atau dicampur dalam sayuran.
Yang kedua dalam bentuk tepung tempe,ini dapat dimanfaatkan sebagai kandungan pangan yang berguna untuk meningkatkan kadar gizi dan serat dan sebagai pengawet alami juga untuk menanggulangi diare pada anak-anak.
Yang ketiga tempe juga dapat diolah sebagai konsentrat protein.
Cara terbaik untuk mengoptimalkan khasiat tempe bagi tubuh kita adalah dengan mengonsumsinya setiap hari dalam jumlah yang cukup berarti. Biar gak bosen,ibu-ibu perlu menyajikannya dengan berbagai variasi menu masakan. Agar khasiat zat-zat bermanfaat dalam tempe tidak terbuang dalam proses pemasakan,tempe sebaiknya diolah dalam bentuk sup,bacem atau semur. Cara-cara itu lebih sedikit mengurangi khasiat tempe daripada di goreng.

Nah....kalo' ngomongin soal manfaat tempe,wuuuiiihhh.......jangan ditanya,bro.......ajib banget. Mau tau....?
Nyok kita lanjutttt!!!!!!

Sebagai pencegah Anemia dan Osteoporosis

Loh...koq bisa? Ya iyalah......kan tempe bisa menjadi pemasok mineral,vitamin B12 dan zat besi yang dibutuhkan dalam pembentukan sel-sel darah merah. Biasanya 2 penyakit ini sering diderita oleh sebagian besar wanita yang notabene harus mengalami menstruasi,melahirkan dan menyusui. Para wanita ini,biasanya takut gemuk sehingga mengurangi aktifitas makan padahal kebiasaan ini menimbulkan persediaan dan produksi sel-sel darah merah menurun. Nah....tempe bisa menjadi salah satu solusi sehat untuk mengatasi gejala anemia. Kalo' Osteoporosis gimana? Tempe dapat menghindarkan kita dari penyakit ini karena kandungan Kalsium pada tempe cukup tinggi.

Pencegah Kanker Payudara dan Penuaan


Masak sih? Hebat banget? Iya emang si tempe ini hebat banget. Daripada kita susah2 membeli dan mengonsumsi obat2an yang mahal dan mengandung bahan kimia mending kita makan tempe. Kenapa bisa? Di dalam tempe ditemukan suatu zat antioksidan dalam bentuk Isoflavon. Zat ini dibutuhkan tubuh untuk menghentikan reaksi pembentukan radikal bebas seperti vitamin E&C. Gak tanggung-tanggung,ada 3 jenis Isoflavon: Daidzein,Glisitein dan Genistein. Eiiitttss.....gak cuma itu,ditemukan juga Antioksidan faktor II (6,7,4 trihidroksi isoflavon) yang mempunyai sifat antioksidan paling kuat dibanding isoflavon dalam kedelai. Jadi....makan tempe bikin awet muda loh. Apalagi ibu-ibu jadi gak stress mikirin duit dapur yang cupet. ^_^

Trus....hubungannya dengan kanker payudara gimana? Nah...itu dia....menurut penelitian,di dalam tempe ada yang namanya Genestein dan Phytoestrogen yang dapat mencegah kanker prostat&kanker payudara. Ke-2 antioksidan ini terbentuk saat terjadinya proses fermentasi kedelai menjadi tempe oleh bakteri Micrococcus Leteus dan Coreyne Bacterium.

Gak itu aja,bro....masih banyak manfaat tempe yang lain,seperti:
1. Mengandung protein yang mudah dicerna jadi baik untuk mengatasi masalah diare.
2. Mengandung zat besi,flavoid yang bersifat anti oksidan sehingga menurunkan tekanan darah/mencegah timbulnya Hipertensi.
3. Mengandung Superoksida desmutase yang dapat mengendalikan radikal bebas,baik bagi penderita Jantung.
4. Anti Infeksi karena mengandung senyawa anti bakteri.
5. Menurunkan kadar kolesterol karena mengandung asam lemak jenuh ganda.
6. Mencegah masalah kekurangan gizi atau kelebihan gizi,beserta penyakit yang menyertainya.


Gimana????? Banyak banget kan manfaat yang bisa diperoleh dari sepotong tempe? Makanya,kita harus galakkan slogan: "TIADA HARI TANPA MAKAN TEMPE!!!!!!" heheheehehhe.......(lebay). Biar makan tempenya makin asyik,aku tambahin deh alternatif menu tempe yang bisa dicontek di bawah ini......SELAMAT MENCOBA!!!!!!

Nugget Tempe


2 bks tempe
1/2 sdt garam
1 btr putih telur
1 btr telur
2 sdm tepung terigu
5 cabe merah
1 ruas kencur
3 lbr daun jeruk,buang tulangnya
4 siung bawang putih
1 sdt merica bubuk
100 gr tepung roti

minyak utk menggoreng



Cara membuat:

1. kukus tempe sampai matang lalu hancurkan sampai halus.

2. haluskan bumbu dan campurkan ke tempe beserta tepung terigu dan 1 btr telur.

3. setelah tercampur rata,bentuk bulat pipih dan gulingkan ke putih telur lalu gulingkan ke tepung roti.

4. Goreng hingga kecoklatan.

5.siap disajikan.



Gulai Tempe  

Bahan:
  1. 1 papan tempe, potong kotak-kotak, goreng setengah matang
  2. 150 gram kacang panjang, potong-potong
  3. 3 sendok makan udang kering, rendam, tumbuk
  4. 3 lembar daun salam
  5. 3 cm lengkuas, iris tipis
  6. 2 lembar daun jeruk purut
  7. 1 buah asam kandis
  8. 1 sendok teh garam
  9. 1 sendok makan gula pasir
  10. 1200 cc santan dari ½ butir kelapa
  11. Minyak goreng secukupnya
Bumbu yang digiling halus:
  1. 3 buah cabai merah
  2. 1 telunjuk kunyit
Cara Membuat Resep Masakan Gulai Tempe:
  1. Tumis cabai, kunyit hingga harum. MAsukkan udang kering, lengkuas, asam kandis, salam, daun jeruk purut, garam, gula, santan. MAsak hingga mendidih.
  2. Masukkan kacang panjang, tempe. Masak sampai bumbu meresap. Hidangkan.
 

1 komentar: